Jelang Keberangkatan, Ratusan Calon Jamaah Haji KBIH Miftahul Ulum Mantapkan Manasik Terakhir

Jelang keberangkatannya ke tanah suci, ratusan Calon Jamaah Haji (CJH) KBIH. Miftahul Ulum Banyuputih Lumajang tahun 2019 melakukan latihan manasik haji terakhir di Kompleks Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuputih Kidul, Senin (8/7/2019).

Kegiatan manasik dihadiri oleh segenap pengurus KBIH Miftahul Ulum Lumajang dan Jember. Kegiatan manasik dimulai jam 08.00 di Aula PP. Miftahul Ulum. Sementara itu, praktik manasik dibimbing langsung oleh Tim Pembimbing KBIH Miftahul Ulum antara KH. M. Muhsin Ba’its, KH. Hasan Huda, KH. Badrus Shodiq dan beberapa pembimbing yang lain.

Sebelum melakukan praktik langsung, pengurus KBIH-MU menyampaikan hal-hal teknis pada waktu pemberangkatan, mulai dari pengumpulan koper dan hal-hal bawaan yang dilarang oleh maskapai penerbangan. Dengan harapan perjalanan ibadah haji ini berjalan lancar, aman dan selamat sampai tujuan.

Kegiatan latihan manasik haji terakhir ini diikuti oleh 155 CJH KBIH Miftahul Ulum Lumajang dan 37 CJH KBIH Miftahul Ulum Cabang Jember tahun 2019. Menurut penuturan Sekretaris KBIH Miftahul Ulum Kholili, S.Pd CJH Kabupaten Lumajang akan tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 26 yang akan berangkat tanggal 15 Juli 2019 mendatang. Namun untuk pelepasan CJH Kabupaten Lumajang secara simbolis oleh Bupati Lumajang akan dilaksanakan pada hari Rabu 10 Juli 2019 di Pendopo Arya Wiraraja Kabupaten Lumajang. Sedangkan untuk CJH Kabupaten Jember menurut sekretaris KBIH Miftahul Ulum Jember akan diberangkatkan pada 20 Juli 2019 mendatang.

Ketua KBIH Miftahul Ulum H. Ahmad Munir mengatakan pelaksanaan manasik haji ini merupakan rangkaian akhir yang wajib diikuti oleh para CJH. Sebelumnya, semua CJH telah mengikuti 6 (enam) kali manasik, baik di internal KBIH Miftahul Ulum, tingkat kecamatan maupun kabupaten.

“Manasik haji ini sangat penting bagi CJH untuk memberikan pemahaman terkait kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan dan larangan-larangan selama melaksanakan ibadah haji di tanah suci Makkah dan Madinah,” ungkapnya.

Harapan  besar pengurus KBIH, rangkaian kegiatan manasik selama ini agar CJH mampu melaksanakan kegiatan ibadah haji dan umroh dengan sempurna mulai dari rukun, wajib, sunnah-sunnahnya sesuai petunjuk Rasulullah saw. Dengan demikian semoga predikat haji mabrur dapat diraih oleh jamaah. Imbuhnya.