Siapkan Calon Haji Yang Mandiri, KBIH Miftahul Ulum Adakan Bimbingan Manasik Lanjutan

Sebagai mitra kerja pemerintah dalam melakukan pembinaan dan membimbing jamaah haji, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Miftahul Ulum Banyuputih Kidul bertekad untuk memberikan pembinaan dan bimbingan secara maksimal kepada Calon Jamaah Haji. ” Kita – KBIH Miftahul Ulum – berkomitmen akan membina dan membimbing jamaah hingga betul-betul memahami manasik haji dan umroh sehingga mereka bisa mandiri dan dapat melaksanakan ibadah haji dan umrah tanpa ada ketergantungan kepada pembimbing ” Ujar H. Ahmat Munir selaku Ketua KBIH Miftahul Ulum

Dalam rangka mempersiapkan calon jamaah haji yang mandiri tersebut, Hari ini Ahad (27/01/19) KBIH Miftahul Ulum melaksanakan bimbingan manasik lanjutan yang kedua kalinya. Sebanyak 147 jamaah calon haji (laki-laki dan perempuan) dari berbagai wilayah di Lumajang yang telah mendaftar diri bergabung dengan KBIH Miftahul Ulum tampak antusias mengikuti kegiatan manasik yang kedua ini. Bimbingan yang dilaksanakan di Aula PPMU Putra ini dibimbing oleh KH. M. Muhsin Ba’its, Pengasuh PP. Miftahul Ulum Yosorati Sumberbaru Jember, dan KH. Hasan Huda Yosowilangun Lumajang. Hadir pula dalam manasik kali ini beberapa pengurus KBIH Miftahul Ulum.

Namun menurut Sekretaris KBIH Miftahul Ulum Kholili Rasyad, S.Pd, jumlah ini, hanya sementara kemungkinan akan terus bertambah sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya.

Bimbingan manasik yang dimulai jam 08.00 wib berjalan dengan lancar, penuh dengan keakraban dan kekeluargaan. Ditambah lagi penyampaian materi dengan bahasa yang sederhana dan mudah dicerna serta diselingi dengan humor oleh pemateri, membuat jamaah calon haji tampak antusias dan beremangat mendengarkan paparan dan ulasan materi yang disampaikan. ”Senang sekali dengan materi yang disampaikan karena diselingi dengan humor. Walaupun sekarang ini, manasik yang kedua kalinya, tapi Alhamdulillah sudah mulai ada gambaran bagaimana haji itu” Komentar Faisol salah satu jamaah dari wilayah Kecamatan Sukodono.

Sumber : www.mubakid.or.id